Selebrasi Projek P5 ‘Kearifan Lokal’ SMPN Satu Atap Pematang Manggis

Penulis: Mutia Amelia (Kelas 7)

Sabtu, 14 Oktober 2023

Btc./PM, Selebrasi Projek P5 SMPN Satu Atap Pematang Manggis yang digelar hari ini merupakan acara puncak kegiatan projek kelas 7 dan 8 untuk tema Kearifan Lokal dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Satdik Ibu Susilawati, M.Pd. dan seluruh Majelis Guru/TU SMPN Satu Atap Pematang Manggis. Kegiatan ini berlangsung di ‘ruang terbuka’ sehingga bisa disaksikan langsung oleh seluruh warga sekolah. Adapun kegiatan yang digelar yakni praktik tari Persembahan dan tari Zapin oleh peserta didik kelas 7 dan tari Rentak Bulian oleh peserta didik kelas 8.

Foto 1
Kata Sambutan Kasatdik sekaligus membuka acara secara resmi

Dengan diterapkannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung (Experience) kepada peserta didik agar proses penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila menjadi lebih maksimal. Disamping itu tujuan kegiatan Selebrasi Projek P5 tersebut adalah mengoptimalkan tumbuh dan berkembangnya rasa cinta terhadap budaya lokal beserta keberagamannya, demikian kutipan dari kata sambutan ibu Kasatdik Pematang Manggis tersebut. Namun selain output yang diharapkan sesuai sasaran dan harapan, tentunya input dan process menjadi faktor yang tak kalah penting. Yang termaktub didalamnya 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila, meliputi: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif.

Foto 2
Tari Persembahan Kelas 7
Foto 3
Tari Persembahan Kelas 7
Foto 4
Tari Zapin Kelas 7
Foto 5
Tari Zapin Kelas 7
Foto 6
Tari Rentak Bulian Kelas 8
Foto 7
Tari Rentak Bulian Kelas 8
Foto 8
Foto Bersama Usai Penampilan

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar dan sukses berkat kerjasama yang baik antar pendidik dan peserta didik. Kegiatan ini semakin meriah dengan support dan partisipasi aktif peserta didik kelas 9 beserta OSIS yang memiliki jiwa kewirausahaan dengan menggelar bazar. Beberapa jenis makanan ringan dan minuman kekinian yang dijual dengan harga terjangkau dan relatif murah.

Foto 9
Stand Bazar Kelas 9 beserta OSIS
Like, subscribe and comment please

Demikian laporan dari saya, salam hangat dan bersahabat, semoga bermanfaat. Terimakasih. (Tjs/Mel)

Editor: (Tjs/Ss)

SMP N SATAP PEMATANG MANGGIS

Sebuah Lembaga Pendidikan Menengah yang Menerapkan Kurikulum Merdeka, Berbasis Projek dan Berprofil Pelajar Pancasila.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *