Projek 3-P5 IKM ‘Kewirausahaan’ SMPN Satu Atap Pematang Manggis

Membuat Es Lilin, Wujud Penerapan Projek ke-3 P5 ‘Kewirausahaan’ sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMPN Satu Atap Pematang Manggis Tahun 2023

Penulis: Nurul (kelas 7)

Selasa, 28 Februari 2023

TJS, BTC – Kegiatan yang cukup sederhana namun sangat menyenangkan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik SMPN Satu Atap Pematang Manggis memiliki karakter kewirausahaan sejak dini. Kolaborasi antara pendidik dan peserta didik kelas 7, 8 dan 9 yang kondusif mampu membuahkan hasil yang sangat membanggakan.

Projek P5 Kewirausahaan IKM

Kegiatan khusus kelas 7 ini dipandu dan dibimbing oleh ibu Yeni Noviana, S,Pd., ibu Weli Susanti, S.Pd., dan ibu Wafi Qoirun Alfiyah.
Es lilin ini di sajikan dalam 5 rasa, yaitu rasa durian, anggur, strawberry, permen karet dan taro. Cara membuat es lilin ini cukup simpel dengan alat dan bahan yang mudah diperoleh di warung-warung terdekat. Alat yang dibutuhkan terdiri dari plastik es lilin dan karet gelang. Sedangkan bahan terdiri dari: air panas; air matang dingin; sirup perasa dan gula yang sudah di cairkan. Masing-masing peserta didik di tugaskan membuat 10 bungkus es lilin.

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3


Sabtu, 4 Maret 2023

Setelah proses pembuatan dan pembekuan di dalam lemari es yang membutuhkan waktu beberapa hari tersebut selesai, maka produk dipasarkan oleh peserta didik kelas 7 kepada semua warga sekolah. Dengan harga pasaran dan sangat terjangkau yaitu Rp. 1.000,-/pcs sehingga es lilin tersebut laku keras dan bisa dinikmati tanpa rasa was-was. Sebab proses pembuatannya sesuai dengan standar kesehatan dan market yang berlaku.

Gambar 4
Gambar 5
Gambar 6
Gambar 7
Video You Tube

Demikian laporan dari penulis. (Tjs/Nr)

Editor: (Tjs/Ss)

SMP N SATAP PEMATANG MANGGIS

Sebuah Lembaga Pendidikan Menengah yang Menerapkan Kurikulum Merdeka, Berbasis Projek dan Berprofil Pelajar Pancasila.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *