Pelepasan Peserta ‘Kemah Besar Pramuka’ SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis ke Buper Talang Bersemi Btg. Cenaku

Penulis: Susilawati, M.Pd.

Jumat, 12 Agustus 2022

Dengan tujuan menciptakan pengalaman, menambah wawasan lingkungan, dan mempersiapkan peserta didik agar menjadi generasi kuat dan tangguh, serta memiliki jiwa patriotisme, memupuk rasa empati, gotong royong yang ber-Profil Pelajar Pancasila, maka SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis ikut ambil bagian dalam kegiatan Kemah Besar Pramuka yang diselenggarakan oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Batang Cenaku. Kegiatan memperingati hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 ini dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 14 Agustus 2022 dan diikuti oleh peserta Penggalang SD/MI, Penggalang SMP/MTs dan Penegak SMA/SMK/MA di Batang Cenaku. Dimana masing-masing pangkalan mengutus regu putra dan regu putri. Kegiatan tersebut direncanakan dihadiri oleh Bupati Indragiri Hulu selaku Kamabicab Pramuka Inhu, Ka. Kwarcab Pramuka Inhu, Kamabiran beserta unsur Mabiran.

Pelepasan Peserta Kemah Besar Pramuka Gugus Depan 09.079-09.080 SMP Negeri Satap Pematang Manggis oleh Kamabigus ibu Susilawati, M.Pd di lapangan sekolah tadi pagi berlangsung singkat namun padat. Dalam pengarahannya beliau berpesan kepada semua peserta agar selalu menjaga nama baik almamater, menjaga perilaku agar tetap baik dan sopan santun, mematuhi aturan yang berlaku baik yang datang dari Panitia Kegiatan maupun dari Pembina Sekolah yang mendampingi. Dan yang tak kalah penting adalah disiplin terhadap diri sendiri terutama disiplin ibadah sholat, makan dan istirahat. Dikarenakan jadwal latihan yang cukup padat selama 3 hari tersebut sehingga membutuhkan stamina yang kuat dan wajib bersemangat.

Foto Bersama sebelum keberangkatan
Kamabigus memberi Pengarahan

Pagi yang cerah namun sedikit panas itu menjadikan semangat peserta Perkemahan terus berkobar, tatkala segala properti dan logistik telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya telah tersusun rapi di dalam sebuah Cold Diesel berwarna biru putih milik Pak Budi salah seorang anggota Komite Sekolah. Ucapan terimakasih disampaikan dari Kamabigus kepada orang tua dari ananda Arjun ini yang bersedia menyumbangkan jasa transportasi menuju bumi perkemahan Ds. Talang Bersemi yang mana menempuh perjalanan +/- 30 menit dari sekolah menuju lokasi.

Melepas Keberangkatan Peserta SMP Negeri Satap Pematang Manggis

Begitu juga ucapan terimakasih atas partisipasi dari Ketua Pak Suprapto, Pengurus dan Anggota Komite Sekolah yang telah menyumbang akomodasi, konsumsi, dll sebagaimana yang telah penulis laporkan pada tulisan sebelum ini. Terutama apresiasi yang setinggi-tinggimya kepada Pembina Pramuka Sekolah sebagai tim work handal (Ibu Dwi Maryuni, Ibu Yeni Noviana, Ibu Weli Susanti dan Ibu Wafi Qoirun Alfiah) yang telah membimbing peserta didik mulai dari sebelum hingga sesudah kegiatan ini.

Latihan Tali Temali
Latihan Yel-yel Penggalang Putri

Para Penggalang dan Penegak nantinya akan mengikuti serentetan kegiatan berupa Latihan Gabungan Pramuka se-Kwartir Ranting Batang Cenaku, Upacara Ulang Janji dan Api Unggun, Upacara Bendera Memperingati Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 dengan tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.”

Demikian yang dapat penulis laporkan, salam hangat dan bersahabat, semoga bermanfaat. (Tjs/Ss)

SMP N SATAP PEMATANG MANGGIS

Sebuah Lembaga Pendidikan Menengah yang Menerapkan Kurikulum Merdeka, Berbasis Projek dan Berprofil Pelajar Pancasila.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *