ANBK Telah Usai, Namun … Tetapi ….

Pelaksanaan ANBK TP. 2022/2023 SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis Ditemani oleh SMP Negeri Satu Atap Talang Bersemi

Penulis: Susilawati, M.Pd

Kamis, 22 September 2022

Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis baru saja usai dilaksanakan. Dengan ditumpangi oleh Tim ANBK SMP Negeri Satu Atap Talang Bersemi, yang berlangsung selama 2 hari yaitu Rabu dan Kamis dengan 3 sesi terlaksana tidak begitu lancar sebagaimana yang diharapkan. Pada hari pertama sesi ke-1 ditemui beberapa kendala diantaranya lambat login bahkan ada yang tidak bisa login, sehingga dijadwalkan ulang pada tgl 28-29 September 2022 mendatang. Namun kondisi seperti ini bukan hal yang baru bagi kedua sekolah Satu Atap Ini, karena berada di lingkungan yang kurang didukung akses internet.

Dengan segala kelemahan dan kekurangan yang kami alami, mulai dari jumlah para Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang sangat jauh dari kata cukup, pendanaan, sarana dan prasarana yang tidak memadai, namun SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan ANBK ini terlaksana sebagaimana mestinya. Disamping itu kami juga berupaya memberikan rasa nyaman kepada SMP Negeri Satu Atap Talang Bersemi yang menumpang fasilitas perangkat dan tempat di sekolah kami. Salah satu upaya mandiri yang telah kami lakukan adalah menambah daya listrik menjadi 5500 VA sehingga tidak terjadi lagi gangguan dalam mengoperasikan Komputer dan Chromebook sebagaimana tahun sebelumnya.

Hari Pertama ANBK Rabu 21 September 2022
Pengawas ANBK berasal dari SMP Negeri Satu Atap Talang Bersemi

Namun pada hari ke-2, tanpa kendala teknis alhamdulillah pelaksanaan ANBK berjalan lancar dan dihiasi dengan rinai hujan dipagi hari pertanda rezeki yang wajib disyukuri.

Hari ke-2 ANBK Kamis 22 September 2022

Tetapi di sisi lain, bersamaan dengan turunnya hujan menjadi sebuah rintangan pula terhadap kegiatan pembelajaran di ruangan kelas 8 dan 9. Langit-langit (plafon) kelas yang dimakan usia mengakibatkan ruang kelas digenangi air hujan. Sehingga aktifitas pembelajaran peserta didik kami menjadi terganggu. Hal ini membutuhkan perhatian besar dan pemikiran serius dari Dinas Pendidikan setempat dan Stakeholder lainnya. Dan kami berharap semoga tulisan ini di baca dan tindaklanjuti serta dijadikan skala prioritas rehabilitasi dan/atau pembangunan baru fisik sekolah.

Genangan air hujan di ruangan kelas (Gambar 1)
Plafon di makan usia (Gambar 2)
(Gambar 3)
(Gambar 4)
(Gambar 5)

Di hari yang sama, SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis kedatangan Tim dari Puskesmas Ds. Pematang Manggis untuk memeriksa kondisi kesehatan para peserta didik. Saya selaku kepala sekolah mengucapkan terimakasih kepada tim terkait atas program dan kerjasamanya untuk perbaikan dan peningkatan kesehatan peserta didik agar terwujudnya generasi sehat dan kuat secara fisik dan motorik.

Tim Pemantau Kesehatan Peserta didik SMP Negeri Satu Atap Pematang Manggis

Demikian yang dapat penulis laporkan, salam hangat dan bersahabat. Semoga bermanfaat. (Ss)

SMP N SATAP PEMATANG MANGGIS

Sebuah Lembaga Pendidikan Menengah yang Menerapkan Kurikulum Merdeka, Berbasis Projek dan Berprofil Pelajar Pancasila.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *